Jumat, 28 Januari 2011

Laporan Hasil Wawancara Media Cetak

Nama anggota kelompok :

1. Rachma Chairrani J3A110001
2. Nurully Hutami Putri J3A110036
3. I’tia Amalia J3A110052
4. Raida Rumaisha J3A110112

Tugas : Sosiologi
Dosen : Drs.M. Undang, MP., M.Si



Buku merupakan salah satu sumber pengetahuan. Dari buku, kita dapat meningkatkan dan menambah wawasan agar lebih luas. Beragam informasi dapat kita peroleh dengan mudah di dalamnya. Seperti yang terjadi di Elex Media Comic Center ini.

Elex Media Comic Center ini berdiri pada bulan Agustus 2008. didirikan oleh pasangan Ibu Lili dan Bapak Sharun. Tujuan awal didirikannya usaha ini bukan untuk franchise, melainkan sebagai taman bacaan bagi para pengunjung Auto Tic. Selain di Jalan Padjajaran, Elex Media Comic Center ini juga berada di Bogor Nirwana Residence.

Tidak hanya menyediakan komik saja, di tempat ini juga menyediakan berbagai jenis buku, seperti Manajemen, Komunikasi, buku keagamaan, kewanitaan, dan novel yang semuanya adalah terbitan dari Elex.

Menurut pengamatan kami, pengunjung taman bacaan Elex Media ini di dominasi oleh kalangan pelajar. Karena di tempat ini terdapat berbagai fasilitas yang menguntungkan, dengan cara menjadi member Elex Media Comic Center terlebih dahulu. Syarat untuk menjadi member hanya dengan mengisi formulir dan menyerahkan fotocopy kartu pelajar atau Kartu Tanda Penduduk dan hanya dikenai biaya sebesar Rp10.000,-.

Hanya dengan syarat ini member sudah mendapatkan keuntungan, seperti diskon 15-20% untuk setiap pembelian komik, fasilitas free hotspot, dapat membaca sepuasnya hanya dengan membayar Rp5.000,- / hari. Selain dapat membaca sepuasnya, di Elex Media ini, member juga dapat menyewa buku dengan tarif Rp2.000,- / buku. Tidak heran jika member di tempat ini mencapai hampir ratusan orang. Karena menurut Supervisor, Ibu Anita, Elex Media Comic Center menyediakan berbagai fasilitas dan tempat yang nyaman bagi para pengunjungnya. Selain itu taman bacaan ini juga menyediakan komik-komik dengan seri yang lengkap, bahkan komik langka yang sulit didapat di tempat lain pun tersedia di tempat ini.

Menurut pandangan beliau, minat masyarakat terhadap membaca buku sangat tinggi, tetapi minat membelinya masih kurang. Menurut pengamatan kami pun, minat membaca masyarakat sekarang ini cukup besar, terbukti dengan banyaknya pengunjung di berbagai toko buku yang berada di Bogor.

0 komentar:

Posting Komentar