Senin, 24 Januari 2011

Laporan Pengamatan Kegiatan Festival Budaya


Festival budaya merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh mahasiswa Program Keahlian Komunikasi Institut Pertanian Bogor. Festival budaya merupakan suatu kegiatan yang mewadahi aspirasi dan budaya dalam menampilkan kreativitas dan kesenian dari para mahasiswa Komunikasi. Kebudayaan Nusantara merupakan tema yang diambil dalam pagelaran acara Festival Budaya 2010 yang diselenggarakan oleh para Mahasiswa Komunikasi angkatan 46. Acara ini berlangsung mulai pukul 08.00-14.00 WIB bertempat di halaman parkir kampus Cilibende. Festival budaya dilaksanakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Program Keahlian Komunikasi di semester tiga.

 Acara – acara yang terdapat di Festival Budaya 2010 ini antara lain :
1. Bazar. Terdapat 14 buah stand yang masing-masing mewakili suku atau daerah
 yang terdapat di seluruh nusantara. Ke-14 stand tersebut yaitu :    



·         Stand suku Minangkabau
·         Stand suku Tana Toraja
·         Stand suku Asmat Papua
·         Stand suku Sasak NTB
·         Stand suku Dayak
·         Stand suku Batak Toba
·         Stand suku Betawi
·         Stand daerah Bali
·         Stand daerah Palembang
·         Stand daerah Solo
·         Stand daerah Aceh
·         Stand daerah Nusa
Tenggara Timur
·         Stand daerah Makassar
·         Stand daerah Banyuwangi



Ke-14 stand di atas menampilkan berbagai macam ciri khas kebudayaan dari tiap-tiap suku dan daerahnya, seperti aneka kuliner, pakaian adat sehari-hari, pakaian adat pengantin, peralatan-peralatan, alat musik tradisional, memperlihatkan foto-foto tempat Objek Wisata dari masing-masing suku dan daerah, menjelaskan secara lebih terperinci lagi kepada para pengunjung tentang adat-istiadat tiap suku, serta kebiasaan dan bahasa yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada tiap-tiap suku dan daerah tersebut.

2.      Pentas seni

Menampilkan pagelaran seni dan budaya dari masing-masing stand. Seperti tarian, drama, permainan alat musik, dan resepsi pernikahan dari tiap suku dan daerahnya.

Acara Festival budaya tahun ini disambut dengan sangat meriah oleh para pengunjung. Para pengunjung bukan hanya dari Program Keahlian Komunikasi saja, tetapi juga dari Program Keahlian lainnya yang berada di Diploma IPB.
Festival budaya diselenggarakan bukan hanya untuk memenuhi mata kuliah semata, namun juga bertujuan untuk memperkenalkan kembali berbagai macam suku, budaya, dan adat istiadat yang berada di nusantara.
Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini, rasa cinta tanah air di kalangan mahasiswa dapat tumbuh kembali, serta dapat terus dijaga dan dilestarikan keberadaannya.












                         

0 komentar:

Posting Komentar