Senin, 09 Mei 2011

Laporan Kunjungan Radio Gen FM



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Radio adalah media massa elektronik tertua dan luwes. Selama lebih dari satu abad, radio siaran telah berhasil mengatasi persaingan keras dengan bioskop, rekaman kaset, televise, tv, games, dan personal cassette players. Keunggulan radio siaran adalah berada dimana saja: di tempat tidur, mobil, jalanan dan berbagai tempat lainnya. Radio memiliki kemampuan menjual pada khalayak bagi pengikan yang produknya dirancang khusus untuk khalayak tertentu. Radio Gen FM merupakan radio yang berada di Jl. Rusina Sahid Kuningan Jakarta ini merupakan radio utama yang telah menjadi radio pendengar setia. 98,7 Gen FM adalah radio yang menyajikan siaran yang 70% isinya lagu-lagu hits pop dan 30% western. Gen sendiri dibentuk karena ingin mewujudkan keinginan para pendengar dengan radio yang berbeda dari radio lainnya.

B. Tujuan
• Mengetahui sejarah terbentuknya radio Gen FM.
• Mengetahui proses produksi radio Gen FM.
• Mengetahui sasaran pendengar radio Gen FM.
• Mengetahui kelebihan Radio Gen FM dari radio-radio lainnya.




BAB II
PEMBAHASAN

A.Sejarah Gen FM
GEN FM resmi terbentuk sesuai frekuensinya yaitu tanggal 9 bulan 8 (Agustus) tahun 2007. Dibentuk oleh Perusahaan Mahaka Media dengan membeli frekuensi 98,7 FM. Pada awalnya radio ini mengudara belum menggunakan nama, dan hanya memutarkan lagu-lagu saja. Setelah melakukan riset ke pendengar tentang radio seperti apa yang mereka inginkan yaitu maka tercetuslah nama GEN FM yang merupakan kependekan dari GENERASI.
Berdasarkan hasil riset yang dilakukan kepada para pendengar, maka GEN FM membentuk image dan segmentasi sesuai yang diinginkan para pendengarnya. Yaitu sebagai radio anak muda dengan sekmen usia antara 18-35 tahun namun meluas hingga anak-anak dan dewasa. Lagu-lagu yang naik atau yang diputar pun bukan sembarangan lagu melainkan lagu-lahu hits yang dipilih pendengar berdasarkan riset yang dilakukan, hanya lagu yang dipilih diatas 50% yang bisa naik. Sekitar 70% lagu hits Indonesia dan 30% lagu hits Western.

B. Profil
Nama : RADIO 98,7 Gen FM
Alamat : Menara Imperium Lt. P7, Metropolitan Kuningan Super Blok Kav. No. 1 Jl. HR Rasuna Said Jakarta 12980.
Telp : +62-21 8370 7171
Fax : +62-21 8370 7172
Pendiri : MAHAKA MEDIA
Jumlah Karyawan : 90 termasuk Jak FM
Jumlah Penyiar : 9 orang
C. Proses Produksi
• Dimulai dari pembuatan script oleh scriptwriter
• Mencari penyiar untuk membacakan iklan tersebut
• Iklan direkam dan ditambah backsound yang sesuai
• Durasi iklan biasanya 15, 30 sampai 60 detik
• Hasil rekaman disimpan dan diputar sesuai waktu yang diinginkan klien
• Dimulai dengan penulisan script oleh scriptwriter tentang tema yang akan diangkat dalam siaran
• Briefing antara produser, creative, penyiar
• Produser program mengarahkan penyiar dalam membawakan sebuah program
• Biasanya para penyiar merekam apa yang mereka katakan saat on air untuk evaluasi dan pembelajaran

D. Kelebihan
• Gen FM merupakan radio nomer 1 di sekmennya di kota Jakarta.
• Pendengarnya telah mencapai 3,7 juta.
• Selalu melakukan riset seperti quistioner kepada para pendengarnya tentang radio apa yang diinginkan pendengar .
• Musik, sedikit iklan dan ngomong, fun, entertaint, dan penyiar yang hangat merupakan keinginan pendengar yang tetap dipegang oleh Gen FM.
• Memiliki cabang di Surabaya.
• Memiliki program unggulan seperti “salah sambung” yang dipandu oleh Kemal dan TJ.




E.Hambatan dalam radio:
Hambatan yang dialami oleh radio Gen FM terdiri dari segi competitor dan segi mekanis.
Segi competitor : seringkali timbul persaingan antara radio gen dengan radio lainnya, khususnya radio yang segmentasinya sama yaitu memiliki sasaran ke anak muda. Langkah yang harus diambil untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan terus melakukan inovasi dan perbaikan terhadap program-program yang telah ada. Dan selalu mengikuti perkembangan teknologi dan kembali lagi kepada keinginan para pendengar.
Segi mekanis : kadangkala ketika listrik mati, otomatis terdapat jeda yang sedikit lama hingga iklan-iklan yang harusnya diiklankan pada waktu tersebut menjadi tidak disiarkan. Jika terjadi hal tersebut otomatis pihak senior manager harus mengganti rugi atas iklan yang tidak disiarkan.


F. Program Unggulan:
Radio 98,7 Gen FM memiliki program unggulan yang tidak asing lagi bagi para pendengar yaitu program “Salah Sambung dan Mpok O’om.”

G. Alat-alat dalam radio:
• RCR
• Komputer yang telah di setting untuk mengedit lagu dan memberi backsound.
• Mic untuk penyiar dan bintang tamu.





BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Radio yang merupakan media massa elektronik memiliki keunggulan sebagai alat media massa yang memberikan banyak informasi. Radio 98,7 Gen FM adalah radio yang memilki ciri khas yang berbeda dari radio lainnya. Frekuensi 98,7 sendiri yang terbentuk dari tanggal lahirnya radio Gen sendiri yaitu tanggal 9 bulan 8 tahun 2007 menjadikan radio ini adalah radio yang kreatif. Nama Gen FM yang terbentuk karena ingin memenuhi kebutuhan para pendengar khususnya para remaja. Gen yang berarti generasi menjadikan Gen FM dapat dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, sampai kalangan tuapun sangat antusias dengan Gen FM. Gen berusaha untuk menjadi radio unggulan bagi pendengarnya.
B.Saran
Frekuensi 98,7 radio Gen FM menunjukkan kesetiaannya ke pada para pendengar sehingga Gen FM berusaha untuk memberikan hal-hal baru, informasi baru bagi para pendengar setia Gen FM. Radio 98,7 diharapkan untuk terus lebih kreatif lagi, menjadi radio yang bisa memberikan kesetiaan bagi para pendengar, mengerti apa yang diinginkan pendengar radio, serta kreatif dalam menyajikan informasi.

0 komentar:

Posting Komentar